1

Belajar memaknai sesuatu dari setiap kejadian di hidup manusia. Saat dunia dimana tidak ada hal yang bisa menolongmj selain diri sendiri. Menjadi penulis hanyala sekedar merangkai huruf  menjadi kata. Dan kata menyambung menjadi kalimat dengan diakhiri tanda titik. Kalimat tersebut bisa berbentuk bernama puisi, cerpen, pantun, dan jika setebal buku disebut novel. Rangkaian kata, tidak bisa menjadi indah dengan sendirinya, tanpa perjuangan dan air mata. Atau satu kalimat bisa bermakan sangat dalam karena di terkandung hikmah, juga perasaan sang penulis serta hal hidup yang lernah di lalui.
Kalimat yang bagus, dan cerita yang tidak membosankan, itu tidak banyak pengulangan dalam setiap bab. Mungkin ada beberapa bagian yang diulang2, namun tetap serasi, karena ada penekanan yang manis.

Dan saya menulis ini untuk belajar mengurangi  pengulangan kata dan mengurangi kebosanan pembaca. Setiap apa yang kita lihat, dengar,  dan rasakan ada pengalaman tersendiri. Silih bergantinya sedih dan tawa, bahagia kecewa, akan membentuk karakter. Karakter tidak otomatis menjadi pribadi menyenangkan setelah deraian air mata bertahun2. Sudut pandang dan keputusan yang diambil lah yang menentukan.

sains bisa diceritakan. Sejarah nikmat dalam novel. Dan matematis lebih nyata dalam balutan cerita pasar. Ilmu seseorang bisa dinilai dari bobot pertanyaan. Orang jenius, belum tentu mudah dalam memberi penjelasan. Karena menjelaskan pada orang yang tingkat pemahamannya lebih rendah beberapa level, bisa dikatakan sebagai ujian. Dan orang yang pernah merasa jadi orang bodoh, bisa menjelaskan dengan gamblang pada semua orang.
Arogansi, bisa dinilai dari tata bahasa. Dan cerita yang bagus, itu cerita yang ada lonjakan emosi sang karakter, mengaduk2 pemahaman dan hati sang pembaca.
Apa yang kita tulis, belum tentu orang lain memahaminya seperti apa yang kita bayangkan. Karena kecerdasan manusia berbeda. Tingkat pemahaman juga bervariasi. Namun ada kalanya menyebutkan atau menyisipkan sebuah kata asing menjadi nilai tambah. Dengan penjelasan yang yang berwarna warni, akan menjadikan tulisan semakin menarik untuk dipandang.  Sebuah klimaks, dan ledakan, berikan disetiap bap. Karena akan merangsang pembaca untuk terus mengikuti kisah selanjutnya.

Terimakasih, sampai ketemu di di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulislah. Agar Tak Terhapus Dari Sejarah

10 oktober 2017

cerpen